Minggu, 13 Mei 2012

Bagaimana Manusia Menentukan Ada Tujuh Hari Dalam Seminggu ??

          Bulan mengitari Bumi sebanyak sekali dalam 28 hari dan mengalami beberapa fase : bulan baru, separuh bulan pertama, bulan purnama, dan separuh bulan ketiga. Jika kamu membagi 28 hari menjadi empat fase tersebut, kamu akan memperoleh periode waktu tujuh hari dalam seminggu.

           Bangsa Chaldean dari Babilonia adalah bangsa pertama yang mengungkapkan teori ini sekitar 500 tahun yang lalu dan menyesuaikannya dengan kehidupan sehari-hari mereka.Setelah mereka, bangsa yahudi mengungkapkan sebuah teori yang terdapat dalam Alkitab, yang menyebutkan bahwa Tuhan menciptakan dunia dalam enam hari dan beristirahat pada hari ketujuh. Hari ketujuh ini yang disebut hari Sabbath dalam tradisi Yahudi.

            Akan tetapi, penyebutan hari yang kita gunakan sekarang diambil dari bangsa Roma pada masa kekuasaan kaisar Augustus. Nama hari (atau diem dalam bahasa Latin) dihubungkan dan dinamakan berdasar nama-nama planet : Monday (senin) diambil dari Moon ( Bulan), Tuesday(Selasa) diambil dari Mars(Mars), Wednesday(Rabu) diambil dari Mercury(Merkurius), Thursday(Kamis) dari Jupiter(Jupiter), Friday(Jum'at) dari Venus(Venus), Saturday(Sabtu) dari Saturn(Saturnus), dan Sunday(Minggu) dari Sun(Matahari).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar